Love of Siam, dialogue between Mew and Grandma

by celo

Grandma : My grandson
do you want to move to Rayong with Papa?
Mew : No. Why whould I ?
They wouldn’t want me staying with them
Grandma : It’s not like that
They see you as a big boy now.
You stay here to help care for grandma
Mew : well, why don’t we move there together ?
Grandma : *smiling* I’m not going… I’m too old now
I don’t want to move anywhere anymore
Mew : You are selfish

Hmmm dari percakapan nenek dan cucunya itu saya menangkap beberapa fakta dan opini saya.

si cucu ini ditinggal pergi orang tuanya yang pindah untuk waktu cukup lama sementara dia dititipkan pada neneknya

Lha yang ini sudah jelas kalo menurut saya. Ayah anak tersebut pergi ke Rayong bersama dengan ibunya atau siapa nggak jelas tapi nggak pergi sendirian soalnya kata penggantinya they yang mengindikasikan bahwa Papanya nggak pergi sendiri. Kemungkinan besar perginya dengan ibunya, soalnya kalo si Papa ini pergi sama orang lain, si mew ini nggak bakal sejengkel itu. Kenapa aku bilang mereka pindah daam waktu lama…??? soalnya nenek itu mengatakan I don’t want to move anywhere anymore bukannya I don’t want to go anywhere anymore

anak kecil juga mengerti kalo mereka diabaikan

Yang ini sepertinya juga udah kliatan deh. Menurut saiyah pribadi, kemanapun orang tua pergi dan apapun alasan kepergiannya. Anak yang mereka tinggalkan akan merasa terabaikan. Walaupun saat berpamitan mungkin si anak kelihatan tegar dan bisa ditinggal, tidak ada yang tahu hati anak itu. Bisa saja dalam hati anak itu nangis-nangis darah nggak jelas. Selain merasa diabaikan bisa saja anak itu juga merasa tidak dibutuhkan. Jangan dikira kalo kehidupan anak kecil itu akan selalu senang. Kehidupan itu kompleks penuh dengan permasalahan yang sama kompleksnya tidak tergantung semua sama saya rasa. Yang membedakan mungkin bagaimana menyikapinya.

Semakin tua seseorang akan sadar dengan batas kemampuannya

meskipun aslinya grandma itu tidak ikut pindah karena dia terikat kenangan dengan almarhum suaminya di rumah itu. Namun dalam senyumannya dan perkataannya dia sepertinya memang menyadari bahwa dia tidak akan sanggup meninggalkan tempat itu. Hmmm… no comment bagian ini ahh…

anak kecil tidak dapat menerima alasan apapun

Ini juga sudah jelas… meskipun Grandma sudah memberikan alasan dengan senyum tulus tersungging tapi Mew malah mengatakan kalo neneknya egois. Dia tidak menyadari bahwa penolakannya terhadap alasan itu juga bisa disebut egois. Yang dia tahu, dia tidak bisa menerima alasan Grandma.

Celo kamu ini ngomong apa sih…???😆 hehe…. habisnya percakapan itu menurutku dalam banget sih… percakapan antara seorang anak laki-laki yang masih kecil mungkin usianya belum 10 tahun dengan seorang wanita yang sudah sangat tua sekali. Keren lah~~~😆 disamping itu masalah yang mereka bahas dalam percakapan itu mengingatkan saya pada kasus perceraian yang tengah banyak terjadi.

Perceraian memang dipilih sebagai jalan terbaik daripada saling menyakiti. Namun baik bagi siapa…??? Kalo terjadi perceraian posisi anak dimana…??? Diasuh ibunya…??? meskipun ibunya nggak butuh suaminya lagi, yakin tuh anak beneran nggak butuh bapaknya lagi…??? Diasuh bapaknya…??? Kalopun si bapak mencarikan pengganti ibu yang dibutuhkannya, yakin tuh anak lebih butuh pengganti ibu daripada ibunya sendiri…??? Kalaupun perceraian itu jalan terbaik untuk kehidupan mereka berdua lalu bagaimana dengan kehidupan anak…??? Anak sekecil apapun punya kehidupannya sendiri kan…??? Go Maia Go… Yay Go Halimah… pertahankan rumah tangga kalian…!!! opo ki…???😮

dan anak itu pun memainkan pianonya…

Have you heard that there is a place ?
If we get there, we will have everything
It will wait for us at the end of the way
And we need only one ticket.
We can go and come back many times
What will you tell me when you come back ?
I’m wondering if it’s true. I want to see it
Even if I have to go by foot. If there’s something when I get there
Even if the ticket is so expensive. Wathever I have to pay, I’ll get it
I have paid all I have for someone to tell me
that this ticket is not for me
Ticket (Day Trip) – Chukiat Sakweerakul and August Band

Note : 1. Mew and Grandma is character from Love of Siam, a Thailand movie. Mew act as august band’s lead singer… 2. August Band is Thailand band who playing in Love of Siam and join in the promotion of that movie… 3. Chukiat Sakweerakul is director of Love of Shiam… 4. Ticket (Day Trip) is of Ost. Love of Siam… 5. I’m not makin review for a movie from Thailand Called Love of Shiam… 6. There is no such a divorce in Love of Siam, watch it for yourself😉