Hey, it’s dharmaformusic!

by celo

Teriak-teriak waktu konser musik? Wuih, saya jagonya! Meskipun suara saya sama sekali ndak bisa dibilang bagus (iya, saya sadar banget kok sama kenyataan yang perih ini), tapi saya punya keyakinan bahwa di setiap konser, teriakan paling kencang yang bisa saya buat pun pasti akan tenggelam oleh teriakan penonton lain, atau setidaknya selalu bisa diredam sempurna oleh teriakan sang talent yang menggema dari loudspeaker. Tapi malam ini saya mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan konser musik😛 Kalau biasanya saya berteriak untuk para rock stars, superstars bahkan idol group sekalipun, semalam saya berteriak untuk band indie yang akun twitter-nya bahkan baru bulan lalu tembus angka 1000 follower😛

And you know what, rasanya beda banget!

Semalam tadi kebetulan saya dapat free pass buat nonton Nidji di Grand Pacific. Awalnya sih biasa, saya juga ndak terlalu suka Nidji terutama dengan konsep mereka yang baru. Kalau masih jaman ‘Child’, ‘Disco Lazy Time’ atau minimal ‘Bila Aku Jatuh Cinta’ gitu sih saya masih suka, tapi semakin ke sini kok ya makin berasa kalau Nidji itu kurang Nidji ya sekarang? But anyway, penampilan mereka semalam memang bagus, tapi bukan yang paling spesial (setidaknya bagi saya) di malam itu. Menurut saya, yang spesial justru penampilan band pembukanya: Dharma.

Saya kenal band indie yang satu ini sebenarnya sudah cukup lama, saya suka lagu-lagu mereka, dan saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk menonton kalau mereka manggung (kalau mau ngecek laman last.fm mereka pun sepertinya saya masih jadi ‘Top Listener‘ :P). Tapi penampilan mereka semalam memang beda. Kemarin malam mereka bermain tanpa vokalis aslinya. Sayang sekali, sang vokalis berhalangan karena kepergian ibunya, dan untuk itu, vokalis pengganti pun dipilih dari EVERLONG! Mas Helmy yang suaranya menurut saya keren soalnya seolah-olah tenggorokannya pake semacam amply gitu, pokoknya keren! Suaranya pake efek banget meski sepertinya ndak pake alat tambahan atau yang semacamnya!😆 Ini serius, suaranya emang beneran beda!

Tapi, musibah adalah musibah dan pertunjukan harus tetap berjalan.

Saya ndak menyalahkan siapapun, sebaliknya, justru saya kagum dan simpati dengan DHARMA yang bisa menutupi lubang besar yang ditinggalkan oleh vokalisnya. Pagi cari vokalis pengganti dan malamnya sudah harus tampil meski siangnya ada latihan sekali dan check sound, menurut saya Dharma sudah cukup berusaha dan menurut saya kok ya usahanya itu sudah layak untuk mendapatkan apresiasi—terlebih mereka mainnya juga bagus!

Lebih lanjut lagi, setiap vokalis pasti punya gaya masing-masing, kan? Penampilan semalam juga tidak lepas dari itu. Ada yang berbeda dari lagu-lagu Dharma. Tidak lebih jelek, tidak lebih bagus, hanya terasa berbeda. Ditambah lagi, sepertinya memang terlalu susah untuk menghapal sekian lagu untuk dinyanyikan di depan ratusan orang pada malam harinya sementara kita baru dikabari di pagi hari. Saya sadar dengan itu, jadi untuk membantu Mas Helmy bernyanyi di atas panggung, di depan panggung saya dan mas @VickyUnggul teriak-teriak seperti orang gila mengikuti lirik lagu yang dimainkan. Bahasa kerennya: sing along. Terus terang, bagi saya sing along semalam benar-benar sangat mengharukan karena mungkin ini untuk pertama kali saya ikut bernyanyi dari dalam hati, bukan sekadar ikut bernyanyi. Ditambah lagi, tidak seperti ketika saya ikut bernyanyi bersama band-band papan atas, semalam saya ikut bernyanyi nyaris sendirian. Kebanyakan penonton di sana datang untuk Nidji, bukan Dharma, jadi yang tahu lirik lagu-lagunya Dharma juga tidak banyak…, dan itu yang membuat saya semakin terharu.

Aih, beneran sentimentil saya mah!

Buat yang penasaran sama Dharma, tenang aja, mereka band baik kok. Kalau ada yang punya twitter dan follow mereka serta mention meminta lagu dengan mencantumkan alamat email…, JREEEEEEEEEENG, empat lagu sampel langsung dikirim, kurang baik apa coba😆 Atau bisa langsung download sendiri di website mereka, sih. Website-nya lumayan lengkap, ada jadwal manggung mereka baik yang reguler maupun gigs seperti semalam, ada liputan ini-itu dan video.

Well, thank you Dharma. I had a fun and new experience of groupies last night!😆 Ini soal itu di blog mereka juga (ada foto-fotonya juga, cuy, secara daku paling males masukin foto ke postingan blog :lol:).

More about Dharma:
Website: http://dharmaformusic.com
Soundcloud: dharmaformusic
Twitter: @dharmaformusic
YouTube: dharmamusicofficial
Facebook: dharmaformusic